Iklan

Senin, 20 Oktober 2008

Alat masukkan tidak langsung

Memasukkan input secara tidak langsung berarti data yang dimasukkan tidak langsung diproses oleh CPU, tetapi direkam terlebih dahulu ke suatu media machine readable form (Bentuknya hanya bisa dibaca oleh komputer) yang berbentuk simpanan luar (external memory). misalnya kartu plong (punched card), pita magnetik (magnetic tape) atau disk magnetik (magnetik disk).


Macam-macam alat masukan tidak lansung.
  • KEY-TO-CARD
Salah satu alat memasukkan data yang paling tua adalah keypunch atau Key-to-card. alat ini memungkinkan operator memasukkan data yang akan dipindahkan terlebih dahulu ke dalam bentuk media Punched card (kartu plong atau kartu pon).

Kartu plong atau yang sering disebut punched card dikembangkan oleh Prof. Dr. Herman Hollerith pada tahun 1887. Pada saat itu kartu plong digunakan untuk memproses sensus data di USA pada tahun 1890. Kartu plong pada masa itu disebut dengan 80 column punched card atau kartu plong 80 kolom. kartu tersebut juga diberi nama sebagai standard card atau Hollerith card. kartu tersebut adalah kartu plong tertua pada masa ini.

kartu plong 80 kolom mempunyai ukuran panjang 18,4 cm, lebar 8,125 cm, dan dengan tebal 0,0175 cm. setiap kartu terdiri dari 80 kolom. pada setiap kolom dapat menyimpan 1 karakter. sehingga dapat menampung maksimum 80 karakter.

untuk pemakaiannya kartu plong direkam dengan cara dilubangi. hal inilah yang kita sebut sebagai kartu plong. kode yang dipakai untuk membuat karakter yaitu dengan kode Hollerith. kumpulan dari kartu-kartu plong disebut dengan sebuah deck.

jadi keypunch digunakan untuk memasukkan data ke kartu plong. supaya data yang dimasukkan bisa dibaca komputer. bila digunakan beberapa unit alat keypunch, maka dapat dilakukan pembagian tugas merubah data dari sumber data ke dalam bentuk kartu plong. kumpulan dari kartu plong (desk), selanjutnya dapat dibaca ke komputer untuk diproses melalui alat pembaca kartu (card reader).

  • KEY-TO-TAPE
Alat ini memungkinkan operator untuk merekam data ke dalam media simpanan luar pita magnetik terlebih dahulu sebelum diproses ke CPU. data yang disimpan di pita magnetik, nantinya bila akan diproses ke CPU dapat dibacakan ke komputer lewat alat pembaca pita magnetik yang bernama tape reader atau tape drive

  • KEY-TO-DISK
Seperti key-to-card atau key-to-tape, maka key-to-disk memungkinkan operator untuk merekamkan data terlebih dahulu ke media simpanan luar, dalam hal ini adalah disk magnetik, umumnya dalam bentuk diskette. data yang tersimpan di diskette, kemudian dapat dibacakan ke komputer untuk diproses oleh CPU melalui alat penggerak disk (disk drive).

sumber:jogiyanto, pengenalan komputer, 1999

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan isi komentar anda disini!!!